Ujian Nasional 2010

Berdasarkan Permendiknas Nomor 75 Tahun 2009 yang dikeluarkan pada tanggal 13 Oktober 2009, Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2009/2010 untuk jenjang pendidikan SMP/MTs/SMPLB dan SMA/MA/SMK, akan dilaksanakan pada Bulan Maret 2010. Terlepas dari masih banyaknya kontroversi berkaitan dengan pelaksanaan Ujian Nasional, sebaiknya para siswa dan guru tetap mempersiapkan diri untuk menghadapi momen tersebut.

***

Berikut ini Permendiknas berkaitan dengan Ujian Nasional 2010:

  1. Peraturan Mendiknas Nomor 74 Tahun 2009 tentang Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar Luar Biasa (SD/MI/SDLB) Tahun Pelajaran 2009/2010. Download, klik di sini>>>…
  2. Peraturan Mendiknas Nomor 75 Tahun 2009 tentang Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tahun Pelajaran 2009/2010. Download, klik di sini>>>…
  3. Lampiran Permendiknas No 75 Tahun 2009 tentang Kisi-Kisi Ujian Nasional 2010. Download, klik di sini>>>…
  4. Peraturan Mendiknas Nomor 77 Tahun 2009 tentang Ujian Nasional Program Paket A, Program Paket B, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan Tahun 2010. Download, klik di sini>>>…

Meskipun secara umum ketentuan UN 2010 tidak jauh berbeda dengan UN 2009, namun ada beberapa perubahan dalam Ujian Nasional 2010, di antaranya adalah waktu pelaksanaan dan adanya ujian ulangan.

Ujian Nasional 2009 dan UN tahun-tahun sebelumnya, biasanya dilaksanakan pada Bulan April/Mei. Untuk UN 2010 akan dilaksanakan pada Bulan Maret. Tentu, kebijakan ini menimbulkan pertanyaan dan patut menjadi perhatian kita semua. Kelihatan sepele memang. Hanya maju satu bulan dari biasanya. Tapi, hal ini jelas mengindikasikan inkonsistensi kebijakan dan mengacaukan sistem institusi pendidikan. Mengapa? Karena ketika awal tahun pelajaran, semua sekolah membuat Program Semester (Prosem) dan Program Tahunan (Prota) yang merupakan gambaran perencanaan proses pembelajaran dalam  satu tahun pelajaran. Pada bulan ke-sekian, agenda dan materi pembelajaran sudah harus sampai di mana. Saat penyusunan Prota dan Prosem, pasti acuannya ialah UN pada Bulan April/Mei, dan kemudian dilanjutkan dengan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Agenda pembelajaran, alokasi waktu dan jumlah jam sudah di-setting selesai pada bulan April. Sebagai akibat hilangnya satu bulan waktu pembelajaran, maka fungsi Prota, Prosem, Kalender Pendidikan dan perangkat pembelajaran jadi kurang berarti, atau bahkan memang perlengkapan tersebut sebenarnya hanya formalitas administratif belaka?

Inilah salah satu contoh kerancuan dan tumpang tindih-nya peraturan. Bangsa kita masih sebagai bangsa yang doyan bikin undang-undang, sekaligus juga gemar mengacaukannya. Bangsa jaga image alias jaim, bangsa yang mendewakan prosedurisme dan birokratisme, tapi hanya sebatas basa-basi, karena hal tersebut selalu bisa dikondisikan.

Hal kedua yang jadi pertanyaan ialah adanya ujian ulangan. Tentu, ini dimaksudkan ujian nasional bagi yang tidak lulus pada ujian pertama (ujian utama). Poin ini pasti telah dipertimbangkan masak-masak oleh para pengambil kebijakan kita. Di antaranya, besarnya protes masyarakat ketika tahun lalu banyak yang tidak lulus. Meskipun sudah diberikan opsi mengulang UN dengan ikut di UN Paket B atau C, pasti tetap ada faktor prestige yang membebani peserta UN. Dengan adanya ujian ulangan, para peserta UN tidak perlu terlalu khawatir, karena ijazahnya juga nanti sama dengan teman-temannya yang lulus duluan. Efeknya, tentu saja kurang mem-pressure siswa dalam menghadapi UN (utama), karena kalaupun tidak lulus, bukankah masih ada ujian ulangan? Ada sekitar satu bulan buat menggenjot pembelajaran setelah UN utama.

Jadi, dengan demikian, maju-nya pelaksanaan UN 2010 sebenarnya adalah karena adanya opsi ujian ulangan, supaya tahun pelajaran baru nanti tidak molor.

Bagaimana dengan tahun berikutnya?

Ya, biasalah… lihat kondisi nanti!!

***

Berikut ini hal-hal berkaitan dengan UN 2010:

  1. UN Tahun Pelajaran 2009/2010 dilaksanakan dua kali yaitu UN utama dan UN ulangan.
  2. UN utama untuk SMA/MA, SMALB, dan SMK dilaksanakan pada minggu ketiga Maret 2010.
  3. UN utama untuk SMP/MTs dan SMPLB dilaksanakan satu kali pada minggu keempat Maret 2010.
  4. UN susulan (bagi peserta yang berhalangan ikut di UN utama) dilaksanakan satu minggu setelah UN utama.
  5. Ujian praktik kejuruan untuk SMK dilaksanakan sebelum UN utama.
  6. UN Ulangan untuk SMA/MA, SMALB, dan SMK dilaksanakan minggu kedua Mei 2010.
  7. UN Ulangan untuk SMP/MTs dan SMPLB dilaksanakan minggu ketiga Mei 2010.
  8. Peserta UN SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, dan SMK dinyatakan lulus jika memenuhi standar kelulusan UN sebagai berikut:
  • memiliki nilai rata-rata minimal 5,50 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, dengan nilai minimal 4,00 untuk paling banyak dua mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran lainnya;
  • khusus untuk SMK, nilai mata pelajaran praktik kejuruan minimal 7,00 dan digunakan untuk menghitung rata-rata UN.

***



About these ads

6 responses to “Ujian Nasional 2010

  1. Soal UKK 2010/2011 Mekatronika kapan keluar???

  2. kisi-kisi soal UN tahun 2010-2011

  3. Hmm..
    Dulu saya kira dosen saya, Mr. Hariyanto, ternyata bukan. Maaf.. Tapi tidak apa2, blog ini sangat bermanfaat bagi para pelajar maupun pendidik. Terima kasih Pak. :up:

  4. Kisi-kisi UN SD/MI di “Lampiran Permendiknas No 75 Tahun 2009 tentang Kisi-Kisi Ujian Nasional 2010″ kok gak ada Pak?

    • Makasih atas koreksinya. Lampiran permendiknas no 75 memang hanya berisi kisi-kisi UN 2010 tingkat SMP/MTs dan SMA/MA/SMK. Untuk kisi-kisi USBN SD sudah ikut terlampir di Permendiknas No 74 tentang USBN SD/MI.
      Thanks partner atas kunjungannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s